4 Wisata Pulau Nusakambangan Menunggumu

klikcilacap – Mendengar kata nusakambangan pasti yang terlintas di kepala adalah pulau tempat pengasingan narapidana dan juga penjara-penjara. Memang benar adanya di nusakambangan sana, terpidana kasus kriminal yang terhitung berat dipenjara dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Pulau nusakambangan mungkin akan terkesan seram. Namun wisata pulau nusakambangan tetap ada.

Pulau nusakambangan terletak di lepas pantai Cilacap, di balik berbagai macam kasus kriminal yang tersimpan di pulau tersebut. Nyatanya nusamkambangan memiliki potensi wisata yang cukup menarik dan mengundang wisatawan. Hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa ongkos untuk menuju nusakambangan ini cukup terjangkau.

Wisata di Pulau Nusakambangan

  • Pantai permisan yang menawan

Pantai yang ada di nusakambangan rupanya bagus dan menawan. Tidak kalah dengan pantai yang ada di Jogja maupu  daerah lain seperti Pacitan. Pantai-pantai tersebut masih sangat jarang sekali dikunjungi sehingga kebersihan dan keasriannya masih terjaga. Pantai permisan adalah pantai yang sangat menawan yang biasanya dikunjungi oleh anggota keluarga penjenguk narapidana.

Advertisement

Anda akan menjumpai gradasi warna yang sangat bagus Antara pasir putih, baru karang serta lautan biru yang memiliki panorama indah. Gelombang ombak di pantai tersebut juga cukup tenang dan tidak terlalu bergejolak. Pantai ini biasa digunakan sebagai lokasi pembaretan kopassus. Anda akan melihat monument pisau komando raksasa yang tertancap di batu karang dengan indahnya. Siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan pemandangan di sana.

  • Pantai karang pandan untuk melarung sesaji

Pantai ini letaknya ada di sebelah timur pulau nusakambangan. Sama halnya dengan pantai lainnya di nusakambangan, pantai ini juga masih sangat jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan, sebab untuk menuju nusakambangan bukanlah hal yang mudah. Penginapan hampir tidak ada sama sekali di pulau pengasingan tersebut. Pantai karang pandan amat sangat sering sekali dijadikan tempat melarung sesaji, Anda mungkin juga bisa melarung masa lalu Anda di sini.

  • Benteng karang bolong

Tida jauh dari pantai karang pandan, Anda bisa menuju ke benteng karang bolong. Benteng tersebut adalah benteng peninggalan penjajahan Belanda di Indonesia. Meskipun kurang terawat, namun benteng tersebut tetap kokoh berdiri. Pada tahun 1837 benteng tersebut dibangun, entah pada tahun berapa pembangunan benteng tersebut selesai dengan sempurna.

Anda akan mendapatkan kesan angker dan mistis begitu melihat benteng ini. Apalagi dengan beragam tanaman merambat yang tumbuh di dinding-dinding benteng. Anda dapat menyusuri lorong-lorong benteng, konon ada satu lorong yang akan membawa Anda tembus ke benteng pendhem yang ada di Cilacap. Semoga beruntung!

  • Goa ratu, goa induk pulau nusakambangan

Tidak hanya sebatas pantai dan benteng saja, nusakambangan juga memiliki sejumlah goa yang merupakan peninggalan persembunyian pada zaman penjajahan zaman dahulu. Tidak jauh dari pelabuhan tempat Anda datang, Anda bisa menemukan goa pasir yang terlihat menyatu dengan tanaman rambat yang amat banyak di sana. Maklum saja, sebab goa tersebut sangat tidak terawatt.

Goa tersebut dianggap keramat sehingga pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar di tempat tersebut. Selanjutnya ada goa ratu yang merupakan induk dari goa-goa di nusakambangan. Goa tersebut memiliki panjang sejauh 4 km, di dalamnya Anda bisa menikmati berbagai macam ornament stalaktit dan stalakmit yang cantik sekali. Di dalamnya juga ada batu bernama gondo mayit yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan bau busuk seperti mayat. Wisata pulau nusakambangan memang unik dan menarik, Anda berani?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*