Gunung Selok Tiada Matinya

klikcilacap – Cilacap memang tiada matinya dalam hal wisata, saat ini pemerintah Cilacap sedang memiliki program untuk mendongkrak wisata di daerahnya. Cilacap selama ini hanya identic dan terkenal dengan nusa kambangan saja. Hal itu memang iya, namun terlepas dari itu semua ada wisata lainnya yang tak kalah indah dari nusakambangan semata.

Di cilacap hampir semua ada, pantai ada, hutan mangrove ada, hutan pinus ada, benteng ada, pusat perbelanjaan pun ada. Namun tahukah Anda bahwa objek wisata gunung di cilacap juga tak kalah menariknya? Salah satunya adalah gunung selok yang letaknya ada di desa karangbenda, kecamatan adipala, Cilacap.

Gunung ini pada masanya di era 80 – an sempat membuat geger banyak orang. Sebab konon katanya bung Karno mendapatkan wahyu soal pancasila di gunung ini. Pada mulanya gunung ini bernama junggring seloka, konon kabarnya junggring seloka adalah sebuah istana kayangan yang dibangun oleh para dewa ketika mereka mendapatkan hukuman untuk tinggal di pulau jawa.

Itulah mengapa banyak orang yang datang tak hanya sekedar untuk menikmati pemandangan saja, namun juga untuk melakukan macam-macam ritual guna mendapatkan kekayaan, ilmu dan lain sebagainya. Terlepas dari itu semua, pada kenyataannya gunung selok memang memiliki panorama pemandangan yang sangat indah sekali.

Advertisement

Keindahan Gunung Selok

Gunung selok ini merupakan wisata yang dikelola oleh prum perhutani saat ini, kalau dulu sebelum dikelola orang boleh bebas datang pergi sesukanya ke gunung cantik ini. Letaknya ada di 150 kilometer di atas permukaan laut dan memiliki luas area sampai 236 hektar. Di atas gunung tersebut ada makan atau petilasan yang biasa digunakan sebagai tempat bersemedi.

Ada satu hal yang menarik apabila Anda datang berkunjung ke gunung selok, Anda tidak hanya kaan disuguhi pemandangan berupa gunung saja. Namun ada banyak pintu yang juga menghubungkan ke banyak tempat wisata lainnya seperti gunung srandil yang juga tak kalah mistis, pantai laut selatan, benteng jepang dan lain sebagainya. Menurut cerita ada 25 benteng namun yang masih ada tinggal 1.

Selain daripada itu, Anda juga akan menemukan kuil atau yang biasa disebut dengan padepokan sang hyang jati. Kuil tersebut menganut aliran siwa Buddha, berbeda dengan kuil lainnya yang menganut ajaran hindu. Tak hanya sampai di situ saja, ada pula goa yang sangat menakjubkan. Goa yang paling terkenal adalah goa ratu dan goa rahayu.

Kini pembangunan gunung selok sudah mulai maju dan siginifikan. Tak hanya wisata berupa pemandangan saja yang akan Anda dapatkan. Di puncak gunung sana, ada wahana selfie deck yang dikhususkan untuk anak muda. Spot tersebut adalah spot yang wajib dikunjungi. Anda harus berlelah terlebih dahulu dengan menanjak melewati banyak pohon dan medan yang agak sulit terlebih dahulu.

Wahana keren yang satu ini menyajikan pemandangan yang sangat apik, berlatar sawah, hutan dan hamparan samudera hindia. Sangat cocok sekali untuk berfoto. Ada jembatan gantung yang membantu Anda untuk lebih bebas memandangi pemandangan indah tersebut.

Untuk sampai di selfie deck sendiri biayanya cukup terjangkau, hanya 8000 rupiah saja untuk tiket perhutani dan 5000 saja untuk tiket masuk gunung selok. Ditambah lagi parker yang hanya sekitar 2000 saja. Total yang harus Anda keluarkan untuk memasuki wisata alam ini hanyala 15 ribu saja. Sangat terjangkau bukan? Tunggu apalagi, ayo ke Cilacap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*