Hutan Mangrove Cilacap, Solusi Berwisata Keluarga

klikcilacap – Hutan mangrove merupakan salah satu hutan lindung yang berfungsi sebagai penjaga pantai dari abrasi laut. Abrasi merupakan suatu proses pengikisan pantai akibat adanya gelombang laut yang tinggi. Abrasi ini dapat disebabkan oleh besar kecilnya gelombang dan cepat lambatnya gelombang air laut.  Semakin dalamnya laut pada muka pantai dapat memperbesar terjadinya abrasi.

Sejarah Hutan Mangrove

Hutan mangrove Cilacap ini memiliki luas sekitar tiga puluh ha yang telah dirintis sejak tahun 2001 hingga sekarang. Pada tahun 1999, hutan tersebut mengalami kerusakan akibat dibuat tambak udang. Namun karena gagal menjadikan kerusakan mangrove. Nah, dari sinilah munculnya ide untuk menanam mangrove hingga kini telah menjadi tempat wisata yang sangat bagus dan menarik.

Berwisata di hutan mangrove adalah menjadi salah satu alternatif bagi kita untuk mengenyam berbagai informasi tentang keindahan panorama alam di Cilacap. Untuk dapat menikmatinya kita harus melewati lautan dengan kapal. Berikut ini  adalah beberapa cara untuk mengakses ke hutan mangrove menggunakan kapal yang bisa dijadikan referensi:

  1. Menyewa kapal nelayan yang ada di pelabuhan seleko. Harga sewa kapalnya pun masih terjangkau, yaitu Rp. 300.000, 00 hingga Rp. 600.000, 00. Kelebihan dengan menyewa kapal ini adalah kita bebas melakukan aktifitas disana. Pemilik kapal akan menunggu hingga kita selesai dan puas menikmati berbagai pemandangan yang ada di hutan mangrove Cilacap.
  2. Ikut dengan kapal reguler. Memang harga tiket kapalnya lebih murah dbandingkan menyewa kapal. Harga per orang hanya sepuluh ribu saja. Namun, kelemahannya adalah kita harus berdesak – desakan dan dibatasi dengan waktu. Kapal maksimal berjalan terakhir jam satu siang. Hal ini menjadikan kita kurang puas untuk menikmati pemandangan di hutan mangrove.

Sangat disayangkan jika kita berkunjung ke Cilacap namun tidak mengunjungi hutan mangrove. Hal ini dikarenakan pesona kecantikan di hutan mangrove sangatlah indah. Selain itu, kita juga disuguhkan dengan berbagai macam panorama alam selama perjalanan. Sungguh menarik bukan?

Advertisement

Mengenal Flora dan Fauna yang terdapat di Hutan Mangrove

Hutan mangrove Cilacap sangatlah bagus menjadi salah satu obyek wisata yang wajib kita kunjungi di Cilacap. Di sana terdapat tiga puluh spesies tumbuhan. Berbagai jenis keanekaragaman hayati di sini sangatlah banyak meski di sini sedimentasinya sangat tinggi. Ternyata beberapa wisatawan mancanegara pun pernah mengunjungi tempat ini. Hal ini sangat menarik sekali. Mengapa demikian?

Adanya wisatawan manca negara dapat menjadikan meningkatnya devisa negara. Hal ini sekaligus sebagai salah satu ajang untuk memperkenalkan daerah wisata dan kebudayaan di negeri ini. Selain itu, hutan ini juga bisa dijadikan salah satu wisata edukasi yang bagus dan menambah wawasan terutama bagi mereka para pecinta alam.

Selain kita belajar mengenai berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di hutan mangrove Cilacap. Diantaranya adalah terdapat berbgai pohon seperti tancang, bakau bandul, jeruju, dan bakau. Kita juga bisa menikmati berbagai satwa liar. Diantaraya adalah monyet, lingsang dan berbagai jenis burung seperti bangau, kunthul, cikakak, supiturang dan lain – lain.

Setelah kita mengetahui berbagai macam kelebihan yang terdapat di hutan mangrove maka alangkah baiknya jika kita mengunjunginya saat kita berwisata di Cilacap. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan selain panoramanya yang indah, di sana kita disuguhkan berbagai macam makanan khas Cilacap yang sangat ena dan lezat. Yuk, segera menabung untuk berwisata di Cilacap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*