7 Manfaat Investasi bagi Perekonomian Nasional secara Umum

Manfaat investasi bagi perekonomian nasional cukup signifikan. Paling tidak memberi jaminan kepada masa depan diri sendiri serta keluarga untuk masalah finansial. Sehingga tidak terlalu bergantung pada kebijakan pemerintah dalam menerapkan penyesuaian harga.

Bagaimanapun juga memiliki investasi baik jangka pendek maupun panjang membuat seseorang lebih tenang. Keuntungan yang didapat dari tingkat pengembalian dapat dipergunakan untuk memenuhi semua kebutuhan.

Saat ini semakin banyak orang melek investasi. Contoh sederhananya saat harga logam mulia emas turun justru banyak yang membeli. Ini merupakan kesempatan berinvestasi dengan harga lebih murah. Harapannya mendapat untung saat harga emas naik.

7 Manfaat Investasi bagi Perekonomian Nasional

Berawal dari membantu ekonomi keluarga, investasi memiliki manfaat penting dalam skala lebih besar. Bahkan jadi salah satu sumber pendapatan yang nantinya dialokasikan untuk pembangunan suatu negara.

  1. Sumber Pendapatan Negara

Manfaat investasi bagi perekonomian nasional yang utama adalah sebagai sumber pendapatan. Mekanismenya seperti transaksi jual-beli yang bertujuan untuk mengambil keuntungan. Keuntungan biasa digunakan untuk keperluan pribadi.

Ketika investor melakukan jual beli negara dapat menarik pajak dari setiap transaksi yang dilakukan. Meningkatnya jumlah investor dan volume transaksi, meningkatkan pendapatan negara melalui pajak transaksi di pasar modal tersebut.

Pajak merupakan sumber pendapatan paling besar yang hasilnya dialokasikan pada pembangunan secara keseluruhan. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, kesejahteraan, ekonomi, dan sebagainya.

Pendapatan negara yang cenderung meningkat akan menaikkan status sebuah negara. Dari negara miskin menjadi berkembang, dari berkembang menjadi maju. Meminimalisir ketergantungan terhadap bantuan dari negara lain terutama dalam hal finansial.

  1. Menggerakan Roda Perekonomian

Manfaat investasi bagi perekonomian nasional selanjutnya adalah menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Hal ini terjadi sebab semakin banyak modal didapat untuk membangun infrastruktur.

Infrastruktur seperti jalan tol, jalan raya, fasilitas transaksi masyarakat seperti pasar dan sebagainya mendukung produktivitas. Selain itu, proses pembangunan infrastruktur sendiri menyerap tenaga kerja yang artinya memberikan penghasilan mengurangi pengangguran.

Terbukanya lapangan kerja dan fasilitas yang mendukung aktivitas masyarakat secara berkesinambungan mampu memberikan kesejahteraan. Masyarakat dari lapisan paling bawah dapat secara mandiri memenuhi kebutuhan pokoknya.

Pemerataan perekonomian seperti ini dapat menghilangkan kesenjangan sosial, menghindari kecemburuan di tengah masyarakat. Pada akhirnya berdampak pada stabilitas keamanan, mengurangi mosi ketidakpercayaan terhadap pemerintah.

  1. Membantu Meminimalisir Dampak Inflasi

Investasi bisa membantu menghindari tekanan inflasi yang tiap tahun terjadi. Uang yang dimiliki masyarakat dalam hal ini investor dapat tumbuh sepanjang waktu. Bahkan lebih cepat dibanding diputar dalam bisnis, perdagangan retail misalnya.

Suku bunga tinggi yang potensial didapat bisa melampaui tingkat inflasi. Sehingga meski setiap tahun terjadi penurunan nilai mata uang dan kenaikan harga-harga secara signifikan, setiap individu masih bisa beradaptasi dan bertahan.

Kondisi ini merupakan salah satu manfaat investasi bagi perekonomian nasional. Minimal setiap masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pribadi. Terutama yang pasti akan dihadapi, contohnya seperti berikut ini.

  • Biaya Pendidikan Anak

Pendidikan merupakan salah satu perencanaan finansial yang penting bagi masyarakat. Apalagi setiap tahun terjadi tren kenaikan biaya sebagai imbas dari berbagai penyesuaian kenaikan harga dan lainnya.

Kesadaran akan pendidikan ini terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat memercayakan pada asuransi pendidikan. Tidak sedikit produk asuransi tersebut merupakan unit link, yang juga memiliki nilai saham di dalamnya.

Harapannya dengan produk tersebut, pertumbuhan uang yang sudah disetor setiap tahun atau setiap bulan lebih cepat. Sehingga pada akhir masa kontrak didapatkan pengembalian lebih tinggi.

  • Persiapan dana pensiun

Ini merupakan salah satu manfaat investasi bagi perekonomian nasional sekaligus tujuan utama. Di mana setiap orang pasti ingin merasakan masa pensiun dengan kondisi perekonomian terjamin.

Persiapan pensiun dilakukan dengan menabung atau berinvestasi dengan nilai lebih besar. Sehingga tidak lagi bergantung pada orang lain saat sudah tidak lagi bekerja dan menerima penghasilan.

  1. Menarik Investor Asing Menanamkan Modalnya

Pasar modal merupakan tempat transaksi yang diregulasi secara ketat oleh lembaga-lembaga tertentu. Ditunjuk secara langsung oleh negara untuk memantau dan mengatur aktivitas yang terjadi di dalam pasar modal.

Iklim investasi yang stabil karena peran serta masyarakat akan menarik minat investor asing. Tingkat kepercayaan meningkat sebab stabilitas keamanan suatu Negara termasuk dalam dunia pasar modal.

Semakin banyak pihak asing menanamkan modal di dalam negeri, semakin besar keuntungan bagi negara. Mulai dari penambahan pendapatan pajak sampai penyerapan tenaga kerja. Ini merupakan manfaat investasi bagi perekonomian nasional yang nyata.

Keuntungan lain apabila semakin banyak investor asing menanamkan modal adalah sebagai branding. Mengindikasikan bahwa suatu negara layak dijadikan sebagai tempat berinvestasi karena menguntungkan semua pihak.

  1. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Surat berharga diterbitkan oleh emiten atau perusahaan. Surat tersebut berupa kepemilikan saham yang diperjualbelikan di pasar modal. Tujuan penerbitannya adalah untuk meningkatkan kapital atau modal perusahaan tersebut.

Modal yang didapatkan dari penerbitan saham dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Ekspansi dari bisnis ini memberikan dampak positif dengan berkontribusi terhadap pembukaan lapangan kerja baru di tempat tersebut.

Ini merupakan manfaat investasi bagi perekonomian nasional yang berkesinambungan dan saling menguntungkan. Hasil kinerja perusahaan yang dibantu oleh banyaknya karyawan di bawahnya akan diputar kembali untuk pertumbuhan dan perluasan usaha.

Pertumbuhan tersebut kembali akan menyerap tenaga kerja. Perputaran seperti ini akan semakin meningkatkan stabilitas ekonomi masyarakat dan negara secara umum. Bukan hanya di bidang ekonomi namun juga keamanan dan ketahanan nasional.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat investasi bagi perekonomian nasional lainnya adalah meningkatkan produktivitas. Sebuah perusahaan mengumpulkan uang melalui pasar modal tanpa harus mengurus izin ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Kemudahan yang didapat dalam hal modal atau kapita membuat perusahaan tidak perlu lagi memikirkan pendanaan. Perusahaan dapat lebih fokus mengenai strategi dan eksekusi dalam mencapai keuntungan yang lebih tinggi.

Dengan kata lain, meminimalisir kemungkinan berhutang pada bank atau lembaga keuangan untuk mendapat modal. Tidak ada kewajiban membayar hutang sebagai biaya wajib setiap bulannya.

Sebaliknya, setiap keuntungan dimaksimalkan untuk proses produksi hingga pemasaran produk, kesejahteraan karyawan serta perluasan bisnis. Sehingga perusahaan lebih cepat tumbuh kembang.

  1. Indikator Perkembangan Perekonomian Negara

Manfaat investasi bagi perekonomian nasional juga sebagai indikator perkembangan secara obyektif. Terbukanya pasar modal memungkinkan semua orang dapat bertransaksi di dalamnya, baik dari lapisan masyarakat menengah ke bawah hingga atas.

Dengan bertambahnya jumlah investor dalam negeri kepercayaan masyarakat terhadap negara semakin tinggi. Kondisi ini menarik minat kalangan menengah ke bawah untuk juga turut berinvestasi.

Meski bukan dalam bentuk saham besar, bisa jadi menggunakan instrumen lain yang lebih sederhana. Namun, secara umum menunjukkan bahwa perekonomian rakyat sudah semakin dapat diandalkan untuk kebutuhan primer hingga tersier.

Fundamental setiap instrumen investasi pada dasarnya sama yakni mengalokasikan uang dengan harapan bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu. Sehingga terdapat manfaat investasi bagi perekonomian nasional.