Menelisik Pesona Pantai Teluk Teluk Penyu Cilacap

klikcilacap – Pantai teluk penyu Cilacap adalah pantai yang sangat indah dan menawan. Pantai ini berseberangan langsung dengan pulau nusakambangan yang merupakan tempat pengasingan narapidana kasus berat seperti terorisme, narkoba dan lain-lain. Untuk mengunjungi nusakambangan salah satunya dapat melewati pantai teluk penyu ini.

Pantai yang satu ini memiliki pasir yang berwarna coklat, memiliki warna air yang agak keruh. Namun ketika sudah mendekati air pantai, maka Anda akan menyadari pesona pantai yang sangat indah dan menawan. Ada pepohona kelapa yang melambai-lambai dan banyak sekali perahu warna-warni milik nelayan. Apalagi pantai ini masih jarang dikunjungi sehingga masih asri.

Di manakah lokasi pantai teluk penyu ini? Anda dengan mudah menemukan lokasi pantai ini dengan mengetikkan nama “pantai teluk penyu” di google maps. Namun akan dijelaskan sedikit di sini, lokasi pantai ini ada di bagian selatan kabupaten Cilacap. Dari pusat kota cilacap dapat ditempuh sekitar 20 menit perjalanan saja.

Dengan mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor maka Anda dengan sangat mudah menemukan pantai ini. Jalanan menuju kesana terbilang masih sangat bagus dan mulus, mugkin karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Cilacap. Bila menggunakan kendaraan umum Anda bisa naik bus mini atau angkutan kota secara estafet dari terminal cilacap.

Advertisement

Benteng Pendem Di Teluk Penyu

Teluk penyu cilacap ada sebuah benteng yang juga tak kalah terkenal. Setelah menikmati pantai yang sangat indah dan juga menyegarkan, Anda bisa melanjutkan perjalanan liburan ke benteng pendem yang terletak tepat di sebelahnya pas. Benteng tersebut sangat luas, yakni 6 hektar. Biaya masuk ke benteng tersebut pun cukup terjangkau, hanya sekitar Rp. 15.000 saja.

Benteng tersebut terpendam di bawah tanah dan juga di bawah air. Ada banyak sekali ruang yang dapat ditelusuri di dalam benteng. Namun sayangnya ada beberapa bagian yang tidak tergali sebab sudah mengalami kerusakan. Tertimbun tanah dan juga terendam air laut. Konon benteng ini memiliki lorong yang langsung tembus menuju benteng yang ada di nusakambangan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai teluk penyu sendiri ini sangatlah terjangkau, yakni hanya sekitar Rp. 5000 saja untuk per orangnya. Setelah itu pengunjung bebas menikmati apa saja yang ada di dalam pantai. Fasilitas umum seperti toilet, kamar bilas dan juga musholla juga sudah tersedia dan memadai di kawasan pantai tersebut.

Harga yang terjangkau tersebut dapat menjadi pilihan lokasi berlibur Anda, sebab harga yang sangat murah tersebut maka kantong Anda dijamin tidak jebol. Banyak pula penjaja makanan yang tersedia di pantai tersebut, harga makanan yang mereka jual juga sangat terjangkau. Cilacap dapat menjadi pilihan bagi liburan akhir pekan Anda.

Bila Anda menginginkan melihat pemandangan pantai secara lebih baik dan lebih puas, Anda bisa naik ke mercusuar yang ada di pantai tersebut. Mercusuar tersebut memiliki fungsi untuk memantau kapal yang ada di seputaran pesisir pantai teluk penyu. Mercusuar yang berdiri kokoh tersebut menambah keindahan pantai.

Selepas menikmati panorama pantai yang indah, tak lengkap rasanya bila tak membawa oleh-oleh dari pantai teluk penyu cilacap. Ada banyak sekali aneka oleh-oleh yang dapat Anda bawa. Di antaranya adalah aneka ikan laut dan olahan yang berasal dari ikan. Selain itu jajan khas Cilacap seperti martabak Alaska, templheng, dan lain-lain dapat Anda bawa pulang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*