Misteri Benteng Pendem Cilacap

klikcilacap – Kota Cilacap yang memiliki logat ngapak ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah benteng pendem Cilacap, benteng tersebut bukan sekedar benteng semata. Namun benteng tersebut menyimpan sejarah dan misteri yang sangat menarik untuk dikulik lebih jauh. Benteng ini sendiri sudah ada sejak zaman Belanda dahulu.

Sejarah kelam akan Anda dapati begitu menelusuri cerita mengenai benteng yang terpendam di bawah tanah tersebut. Bahkan tidak hanya terpendam di bawah tanah saja, namun juga konon terpendam di bawah laut. Letaknya ada di seputaran kawasan pantai teluk penyu. Sembari bermain air di pantai, setelahnya pengunjung bisa mengunjungi benteng bersejarah ini.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya dengan Rp. 5000 saja Anda sudah bisa berkeliling benteng. Sebagian besar area benteng ini tidak terurus dan kurang terawatt, semak belukar dan rerumputan tumbuh menjalar di Antara dinding-dinding benteng tersebut. Namun tetap ada bagian yang terawatt dan tertata rapi untuk dikunjungi oleh pengunjung yang berkenan.

Misteri Benteng Pendem Cilacap yang Terpendam

Benteng pendem Cilcap ini memiliki banyak sekali ruang, ada ruang penjara, ruang klinik, barak utama dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan pada masa lalu. Benteng tersebut cukup luas, yakni sekitar 6 hektar dengan pohon-pohon tinggi menjulang di area tersebut. Berjalan dengan santai sambil menikmati panorama alam akan sangat menyenangkan. Suasana adem dan teduh juga akan didapat.

Advertisement

Benteng ini memiliki sejarah yang sangat kuat di masa lalu, yakni dibangun pada tahun 1816. Dalam Bahasa Belanda memiliki ejaan yang sulit yakni ‘Kustbatterij op de Landtong de Cilacap’, artinya adalah benteng yang terpendam. Benteng ini tidak begitu saja ada ataupun terbangun dalam satu kali masa saja. Perlu waktu sekitar 18 tahun untuk menyelesaikan pembangunan benteng ini, yakni mulai tahun 1816 sampai pada tahun 1879.

[artikel number=2 tag=”wisata” ]

Sebelum dikelola menjadi tempat wisata, benteng ini sendiri pernah terbengkalai akibat dari tertutup pasir pantai. Sampai akhirnya pemerintah kabupaten Cilacap mengambil sikap untuk memugar benteng dan kawasan di sekitarnya. Hasilnya kini benteng tersebut menjadi destinasi wisata berbasis sejarah yang banyak diminati dan ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Sampai saat ini, ada bagian dari benteng yang belum tergali. Mengingat benteng ini adalah benteng yang terpendam di dalam tanah, maka ada bagian yang tidak terjangkau sebab terlalu dalam. Bahkan pemerintah kabupaten Cilacap belum memiliki peta pasti dari benteng terpendam tersebut. Di sekitar benteng ini ada benteng lain, yakni benteng cepiring, benteng klingker dan benteng karangbolang yang letaknya ada di pulau Nusakambangan.

Sejarah dramatis dari benteng ini sangat penting untuk diingat, yakni peperangan Antara tentara Belanda dan tentara Jepang yang kemudian benteng tersebut dijadikan sebagai tempat latihan berperang oleh pasukan tentara republik Indonesia. Benteng tersebut juga merupakan tempat pertahanan dari pasukan RI dalam menghadapi penjajah.

Banyak ruangan memang di dalam benteng, namun seiring berjalannya waktu, ruangan tersebut malah tidak diketahui secara pasti fungsinya. Menurut informasi yang ada, ada ruangan yang tertimun tanah dan terendam air laut. Benteng ini konon terhubung dengan benteng lainnya sampai pada pulau Nusakambangan. Ada pula beberapa bagian yang diberi pagar tinggi agar tidak dilalui oleh pengunjung.

Sayangnya dinding benteng yang kemungkinan ada di bawah laut banyak yang bocor dan rusak. Andaikan tembok benteng pendem Cilacap tersebut tidak rusak, sudah pasti akan ada banyak sekali sejarah yang terkuak dan juga menarik untuk dipelajari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*