Misteri Gunung Srandil Cilacap

klikcilacap – Puncak mahameru konon memiliki daya magis tersendiri yang mampu memberikan apa yang orang inginkan. Namun konon selain di puncak mahameru, gunung srandil cilacap juga memiliki daya magis yang dipercaya dulunya merupakan tempat pijakan pertama di bumi atau jalan utama untuk menapaki kayangan. Gunung srandil sendiri letaknya ada di Cilacap, jawa tengah.

Gunung tersebut adalah sebuah bukit karang yang letaknya ada di pesisir laut selatan. Tepatnya ada di desa glempang pasir kecamatan adipala, kabupaten cilacap. Melalui kroya atau adipala, gunung ini bisa dicapai dengan mudah. Macam-macam cerita yang mengarah ke mistis dan tahayul ada banyak sekali di gunung tersebut.

Dulunya gunung ini dikatakan sebagai petilasan kakek semar dan juga penguasa alam gaib. Fungsinya juga sebagai padepokan dari kakek semar tersebut dan pangreh gaib. Menurut cerita mereka berkenan untuk tinggal dan bersemayam di gunung tersebut. Cerita mengenai kakek semar dan juga pangreh gaib tersebut sudah sangat terkenal sekali di kalangan orang jawa.

Kakek semar terkenal dengan petuah dawuhnya mengenai cara menjalankan kehidupan dan pedoman apa yang harus dilakukan. Pedoman yang dikatakan oleh kakek semar adalah ‘ojo dumeh, eling lan waspada’ atau dalam Bahasa Indonesia berarti jangan sombong atau mentang-mentang, selalu ingat pada yang membuat hidup dan waspada.

Advertisement

Pengambilan nama srandil dipercaya berasal dari kata suro dan adil, yang memiliki makna adil dan teguh dalam melakonkan kehidupan. Secara filosofis, gunung ini memiliki filosofi yang sangat apik dalam budaya jawa. Gunung tersebut selain dijadikan sebagai tempat ziarah dan segala kegiatan keagamaan, juga dijadikan sebagai tempat wisata sebab memiliki panorama yang bagus.

Urutan Petilasan Gunung Srandil

Gunung srandil cilacap ini memiliki banyak sekali petilasan yang dapat Anda kunjungi. Apabila Anda memasuki kawasan gunung srandil, maka searah dengan jarum jam urutan petilasan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Petilasan syekh jambu karang atau yang memiliki nama lain petilasan dampo awang. Memiliki nama lain juga sam poo kong, mengapa di sebut sebagai eyang jambu? Sebab ada pohon jambu tumbuh di samping petilasan tersebut. Tidak diketahu sejak kapan pohon jambu itu tumbuh dan ada di samping petilasan tersebut.
  2. Petilasan eyang atau mbah gusti agung heru cokro prabu, dengan nama lain syekh baribin. Petilasan yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi pada hari biasa, untuk mencari wangsit atau petuah dan semacamnya. Diyakini bahwa petilasan tersebut adalah tempat berkumpulnya para penghuni dunia gaib bumi nusantoro.
  3. Petilasan eyang sukma sejati, terletak agak di luar gunung. 50 meter kira-kira di sebelah kiri gunung. Terdapat pintu keluar yang menuju jalan setapak pada petilasan tersebut.
  4. Petilasan nini dewi tunjung sekarsari, dipercaya bahwa nini dewi ini adalah istri dari kakek semar.
  5. Petilasan kaki tunggal sabdo jati doyo, disebut juga dengan petilasan kyai semar. Bagi yang beruntung maka bisa melihat penghuni petilasan tersebut dengan kata lain adalah kyai semar itu sendiri

Banyak sekali petilasan lain yang juga tidak diketahui secara pasti milik siapa, banyak orang yang mengatakan bahwa gunung srandil cilacap tersebut juga dijadikan sebagai tempat pesugihan. Terlepas dari benar atau tidaknya hal itu. Namun keindahan yang ada di gunung srandil tidak akan pernah memudar dengan kabar dan desas-desus semacam itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*