Pantai Jetis Cilacap yang Tidak Banyak Orang Tau

klikcilacap – Cilacap memang tidak begitu terkenal sebagai kota atau kabupaten yang memiliki banyak wisata. Namun terlepas dari itu, cilacap tetap memiliki lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai jetis yang terletak di nusawungu. Kabupaten cilacap sendiri berseberangan dengan pulau nusakambangan yang merupakan tempat tahanan para narapidana kasus berat.

Hal itu menjad menarik sebab untuk menuju ke nusakambangan harus melewati cilacap terlebih dahulu. Kabupaten cilacap mayoritas orang di dalamnya menggunakan Bahasa jawa dengan logat ngapak yang tidak begitu kental seperti di tegal. Hal itu adalah ciri khas tersendiri bagi orang cilacap asli. Nusawungu sendiri letaknya ada di ujung timur kabupaten cilacap.

Pantai tersebut memiliki ombak yang cukup besar, bukan pantai yang dapat digunakan untuk bersantai seperti pantai-pantai di Bali atau di Jogja memang. Sebab pantai tersebut adalah pantai yang menjadi mata pencaharian para nelayan lokal. Pantai yang terletak di timur kabupaten cilacap itu membentang sejauh 3 kilometer mulai dari pintu masuk tempat pelelangan ikan (TPI) di lokasi tersebut.

Panorama Pantai Jetis

Meski pantai ini adalah pantai yang merupakan sumber mata pencaharian para nelayan dan jarang pula dikunjungi oleh wisatawan, namun pantai yang memiliki pasir hitam ini tetap memilki panorama yang sangat indah dan menawan. Pengunjung dapat melihat pemandangan muara kali bodo yang merupakan pembatas Antara Cilacap dan Kebumen. Pantai tersebut masih sangat bersih dan indah.

Advertisement

Anda tidak akan menjumpai sampah-sampah plastik yang berserakan, meski tidak ada penjaga pantai, namun pantai tetap terjaga. Mengingat ombak yang cukup besar dan tidak adanya pengamanan yang memadai di pantai tersebut, pengunjung diharap berhati-hati dan tidak terlalu jauh menceburkan diri di laut.

Anda tertarik untuk mengunjungi pantai jetis ini? Untuk menuju ke pantai ini, Anda harus menuju ke timur kabupaten cilacap. Bisa dijangkau melalui Kroya dalam waktu tempuh sekitar 2 jam. Atau agar lebih mudah, Anda bisa menyusuri dan mengikuti jalan pegunungan goa jati jajar menuju kea rah selatan, waktu tempuh malah lebih cepat bila melalui jalur ini yakni sekitar 1 jam saja.

Pantai ini selain dekat dengan muara kali bodo, juga dekat dengan banyak sungai lainnnya. Salah satunya adalah sungai ngijo, di sampingnya pas ada pantai logending yang juga tidak kalah menawan. Di tepian sungai tersebut ada banyak sekali tumbuh tanaman seperti pohon bakau, pohon salak, pohon kelapa serta banyak pohon lainnya.

Pemandangan yang sangat indah, perpaduan Antara pepohonan, pegunungan, sungai dan juga pantai yang membentuk ekosistem hidup bagi banyak hewan dan tumbuhan. Namun jangan khawatir, binatang liar seperti ular sangat jarang sekali. Meskipun begitu tetaplah berhati-hati agar perjalanan Anda tidak terganggu akibatnya.

Nelayan Sungai dan Nelayan Laut

Ada dua tipe nelayan di daerah jetis tersebut, yakni nelayan sungai dan nelayan laut. Mereka setiap harinya sibuk menebar jala di mana-mana, baik di sungai maupun di laut. Perahu yang digunakan oleh keduanya pun berbeda. Bila nelayan laut memakai perahu yang lebih besar dengan mesin serta dua sampan, maka nelayan sungai hanya menggunakan satu sampan dengan keseimbangan di sebelahnya. Namanya perahu tongkang.

Bila berkunjung ke pantai jetis maka Anda bisa membeli oleh-oleh berupa ikan dan olahannya yang berasal dari nelayan setempat. Selain harganya lebih murah, ikan tersebut juga lebih segar..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*