Pantai Widara Payung Cilacap

klikcilacap – Anda pasti tidak akan menyangka bahwa Cilacap memiliki pantai yang sangat indah. Pantai widara payung namanya, memang terdengar asing dan membuat bertanya-tanya. Pantai ini sesuai namanya, terletak di desa Widarapayung, kecamatan Binangun, Cilacap. Pantai tersebut selain indah juga memiliki ombak yang sangat menawan. Pengunjung bisa berselancar dengan sangat aman di pantai tersebut.

Kualitas ombak di pantai ini sudah setara dengan standar internasional. Untuk menuju pantai tersebut, Anda bisa menuju arah timur kabupaten Cilacap sejauh kira-kira 35 kilometer. Luas pantai tersebut adalah kira-kira 500 hektar, sangat luas sekali untuk dijelajahi. Pantai yang cukup asri dan luas untuk menampung berbagai macam kegiatan di pantai tersebut.

Santai ala Pantai

Ada banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh di pantai tersebut, menambah kesan asri dan santai ketika bertandang ke sana. Anda juga bisa menuju kesana dengan menaiki bus jurusan Cilacap – Gombong. Sekitar 1 jam Anda sudah akan sampai di pantai yang Anda tuju. Fasilitas umum yang ada di pantai tersebut cukup lengkap, mulai dari gardu pandang, kolam renang, tempat parker yang sangat luas, tempat makan dan tempat berteduh.

Fasilitas lain seperti toilet umum dan tempat berteduh di pantai tersebut juga cukup memadai. Ada hal menarik yang akan Anda temui bila berkunjung ke pantai tersebut pada bulan Sura (bulan baru pada hitungan kalender jawa), Anda akan melihat prosesi sedekah bumi yang berlangsung di Pantai tersebut. Prosesi sedekah bumi tersebut dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan keberkahan dari yang maha kuasa.

Advertisement

Harga untuk bersantai ala pantai hawai di widara paying hanya sebesar 3000 rupiah saja pada malam hari dan hanya 4000 rupiah saja bila Anda memasuki pantai ini pada siang hari. Harga tersebut adalah harga untuk orang dewasa, sementara untuk anak-anak bisa gratis bila Anda beruntung. Pada hari libur atau hari besar, maka biaya yang ditetapkan hanya naik seribu rupiah saja. Sangat terjangkau kan!

Pantai ini berseberangan dengan pulau Nusakambangan, pulau yang terkenal sekali untuk pengasingan narapidana kelas kakap. Pulau tersebut akan terlihat sangat jelas dari pantai widara payung. Apabila Anda tertarik untuk melihat pulau nusakambangan secara lebih dekat, Anda bisa mengikuti tour laut dari para penyedia perahu atau kapal mini yang banyak tersedia di pantai tersebut.

Harga yang ditawarkan untuk perorangnya sangat terjangkau sekali, nelayan lokal menawarkan harga sebesar Rp. 10.000 saja. Bila ingin bersandar di pulau nusakambangan maka akan dikenakan tariff bersandar sebesar Rp. 12.500 saja. Jadi total yang harus dibayarkan hanyalah Rp. 22.500 saja. Namun Anda tidak akan diijinkan untuk terlalu lama dan terlalu dalam menjelajah pulau nusakambangan.

Oleh-oleh Pantai Widara Payung

Tidak lengkap rasanya apabila berjalan-jalan dari suatu tempat tapi tidak membawakan buah tangan untuk keluarga dan teman di rumah. Anda bisa membeli ikan asin, kerupuk udang, terasi atau bahkan ikan yang masih segar yang diolah di pantai hari itu juga. Soal harga, sudah pasti murah sebab berasal langsung dari nelayan lokal.

Ada hal lain yang tidak kalah menarik, Anda bisa menyewa andong untuk berkeliling pantai dan juga menyewa papan seluncur untuk mengarungi ombak bagi Anda yang mahir. Selain berbagai macam olahan ikan, di pantai widara payung ini Anda bisa membeli yutuk atau kepiting laut yang sudah diolah menjadi peyek, menarik bukan?

1 Trackback / Pingback

  1. Liburan Berkesan di Pantai Widara Payung Cilacap – JS

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*