Pesona Menarik Benteng Karang Bolong

klikcilacap – Benteng karang bolong ini lokasinya sangat strategis dan mudah untuk dijangkau. Benteng ini merupakan benteng yang dibuat oleh Portugis pada tahun 1716. Namun, saat itu benteng ini dikuasi oleh Belanda yang merebut kekuasaan dari tangan Portugis. Pantai ini dapat menjadi salah satu referensi tempat berwisata anda.

Berdasarkan sejarah tentang pantai ini dapat kita ketahui asal usul dari penamaan Benteng Karang Bolong ini. Salah satunya adalah adanya karang besar yang terletak di sudut pantai pasir putih, yang mana di tengahnya terdapat lubang. Lubang tersebut dulu dimanfaatkan untuk mengintai kapal – kapal musuh yang hendak berkunjung ke Pulau Nusakambangan.

Benteng ini memiliki luas sejumlah 6000 meter persegi. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan seperti barak pajurit, bangunan pengintai, ruang logistik, tempat meriam, gudang amunisi, aula dan tempat prajurit Belanda. Berdasarkan cerita yang ada, dulu ternyata di ruang utama digunakan untuk pembantaian warga pribumi yang sudah tua dan sakit – sakitan.

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai daerah Nusakambangan dengan perahu yang di mulai dari Teluk Penyu. Setelah itu, kita dapat berjalan kaki sekitar lima belas menit untuk menuju lokasi di Benteng Karang Bolong. Nah, itulah cara yang dapat kita tempuh untuk menuju ke tempat wisata di benteng tersebut.

Advertisement

Benteng ini terletak di bagian timur Nusakambangan. Gerbang dari benteng Karang Bolong ini berbentuk huruf U terbalik. Benteng ini tersusun dari bata – bata yang tebal dan terdapat sebuah celah sebagai ventilasi. Pada zaman dahulu, benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan Belanda.

Di bawah benteng ini terdapat benteng lagi yang sangat gelap dan menembus bagian bawah tanah. Pada benteng ini diperkirakan terdapat empat lantai di mana dua lantai berada di atas tanah dan dua lantai lainnya di bawah tanah. Adapun lantai di bawah tanah dihubungkan dengan sebuah tangga. Untuk mencapainya kita harus membawa senter sebagai penerang.

Di bawah tanah akan kita temui sebuah lorong, di mana lorong tersebut dahulu dimanfaatkan sebagai jalan yang di kanan dan kirinya terdapat ruangan yang besar. Ruang tersebut digunakan sebagai ruang aula, barak prajurit, ruang pos jaga dan lain – lain. Di benteng ini juga dapat kita temukan sebuah meriam yang sangat besar di dekat pantai.

Benteng Karang Bolong ini ternyata memiliki nama lain yang sangat bagus, yaitu “Benteng Alteri” yang mana di dalamnya terdapat berbagai perlengkapan perang yang sangat lengkap. Selain itu, terdapat juga ruang penyimpanan amunisi di dalamnya.

Banyak sekali pemandangan yang dapat kita nikmati saat berkunjung ke Cilacap, salah satunya adalah di benteng ini. Pemandangan lain di sekitar benteng ini antara lain adalah pemandangan pantai. Sebuah pantai yang tidak jauh dari benteng dengan pasir putih dan karang – karang di sekelilingnya menjadikan benteng ini memiliki latar yang sangat bagus untuk digunakan berfoto dan mengabadikan momen – momen menarik di benteng ini.

Namun, sayangnya kini benteng ini kondisinya sudah ada beberapa bagian yang rusak. Bangunan benteng ini sudah banyak dinding – dindingnya yang dipenuhi dengan lumut dan akar pohon yang menjalar sehingga bangunan benteng ini seperti ‘angker.’  Benteng ini bukanlah obyek wisata yang dikelola dengan baik, hal ini dikarenakan di benteng ini tidak ada penjaganya, tiket masuk benteng pun tidak ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*