Sedekah Laut Nelayan dan Juru Kunci Gunung Srandil

0
309

Cilacap. Nelayan Srandil  Adipala Cilacap , Jawa Tengah, Jum’at (18/9/2020) siang, menggelar ritual tradisi tahunan, sedekah laut. Dalam tradisi Sedekah laut  tahun sedikit berbeda tidak seramai dari tahun sebelumnya , di karenakan ini masih Masa Pandemik covid 19.  tetap di gelar dengan mematuhi protokol Kesehan ,prosesi ini melibatkan  nelayan dan para tokoh Juru Kunci Gunung Srandil dan warga setempat dan di teruskan larungan ke tengah laut.

Halaman Gunung Srandil

Prosesi sedekah laut diawali dengan ritual doa bersama oleh para nelayan ,tokoh masyarakat ,  tokoh Juru kunci Gunung Srandil . Dalam acara  ini di hadiri oleh Pak Camat Adipala Teguh Prastowo beserta jajarannya. Kepala Desa Glempangpasir Margana Dan jajaran perangkat desa dan Warga Sekitar. Acara dibuka dan doa bersama di Halaman Gunung Srandil.

Ketua Nelayan Desa Glempangpasir, Suryadi sekaligus ketua Juru Kunci Gunung Srandil  menyampaikan kepada klikcilacap.com ,sedekah laut ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan dan para juru kunci gunung srandil sekaligus doa agar di diberi keselamatan  Oleh Allah SWT , kelancaran limpahan riski  dalam melaut  “Meskipun banyak rangkaian kegiatan yang dikurangi, namun tidak mengurangi makna dari sedekah laut tahun ini,” Tandasnya.

Persiapan Larungan di Laut Srandil/ mbah Carub, Mbah Suryadi. Nelayan Srandil
Prosesi Larungan

Kepala Desa Glempangpasir Margana mengatakan, sedekah laut tahun ini memang dibatasi karena dilakukan di tengah pandemi. Untuk menghindari penularan dan penyebaran, tiap peserta sedekah laut harus mematuhi protokol kesehatan. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun yang setiap tahunnya dirayakan masyarakat nelayan Kota Cilacap. Kegiatan ini, merupakan sebuah kearifan lokal yang harus dilestarikan. (Roh/klcp )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here