Tips Investasi Saham Khusus untuk Investor Pemula

Tips investasi saham sangat dibutuhkan terutama bagi investor pemula karena belum memiliki pengalaman. Saham termasuk dalam jenis investasi paling aman dengan risiko cukup rendah dibanding jenis lainnya.

Namun berinvestasi tanpa adanya ilmu, pengalaman, dan kehati-hatian membuat risiko kerugian semakin besar. Mengingat transaksi jual beli saham ini menggunakan teknologi digital sehingga harus dipahami bagaimana caranya.

Bukan sekedar tentang bagaimana cara membeli atau menjual saham namun ketahui juga cara mencari keuntungan. Sehingga bisa membeli dan menjual pada saat tepat untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit.

Tips Investasi Saham untuk Investor Pemula

Kerap kali investor pemula mengalami kesulitan sehingga gagal saat berinvestasi saham dan akhirnya mengalami kerugian. Jika Anda tidak ingin mengalami hal yang sama maka gunakan beberapa tips melakukan investasi saham berikut ini.

  1. Perhatikan Legalitas Sekuritas

Banyaknya sekuritas terdapat di Indonesia dan menawarkan layanan secara online tentu sangat menarik. Apalagi berbagai iming-iming tentang profit besar, diberikan rekomendasi saat transaksi jual beli menjadi daya tarik tersendiri.

Kerap kali investor pemula sangat tertarik akan hal ini karena fokusnya hanya pada profit saja. Padahal investasi apapun tidak bisa memberikan hasil besar secara instan termasuk saham juga.

Tips investasi saham penting diperhatikan untuk pemula yaitu memperhatikan bagaimana legalitas sekuritas tersebut. Pastikan sekuritas sudah terdaftar resmi di OJK serta Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kumpulkan informasi tentang bagaimana latar belakang sekuritas tersebut termasuk manajemen dan investornya. Jika tidak ada masalah tentang hal-hal tersebut coba cari informasi tentang kinerjanya.

Misalnya pernah tidaknya ada kasus yang dilaporkan para investor terkait investasi saham tersebut. Jika Anda menggunakan tips investasi saham satu ini maka bisa menemukan sekuritas yang benar-benar aman dan profesional.

  1. Cari Informasi Tentang Biaya Transaksi Jual-Beli

Memang ada banyak informasi harus dikumpulkan dan dipelajari sebelum memilih saham sebagai pilihan investasi. Apalagi bagi Anda baru terjun kedunia investasi ini dan tidak memiliki pengetahuan apapun sebelumnya.

Salah satu tips investasi saham yang bisa dicoba oleh pemula adalah dengan mencari informasi tentang transaksi. Perlu diketahui saat berinvestasi saham, Anda harus membeli dulu kemudian baru bisa menjualnya.

Dalam setiap transaksi baik membeli atau menjual dikenakan yang namanya biaya transaksi. Biaya ini dibebankan pada saat Anda membeli ataupun menjual yang nominal besarnya sesuai ketentuan masing-masing.

Perlu diketahui setiap sekuritas memiliki aturan berbeda tentang berapa besar biaya yang dibebankan kepada investor. Jadi tips investasi saham satu ini sangat dibutuhkan agar Anda mencari yang biayanya tidak besar.

Kumpulkan informasinya kemudian lakukan perbandingan berapa persen biaya transaksi pada masing-masing sekuritas. Jadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih sekuritas terbaik.

  1. Aturan Minimal untuk Setoran Awal

Tips investasi saham ketiga adalah tentang aturan minimal yang harus disetorkan sebagai setoran awal. Masing-masing sekuritas memiliki aturan setoran pertama berbeda satu dengan yang lainnya.

Ada yang menawarkan setoran awal hanya Rp100.000, Rp500.000, Rp1.000.000, hingga minimal Rp20.000.000. Setiap penawaran yang diberikan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing jadi harus diperhatikan.

Mengetahui tentang berapa besar setoran awal yang harus dibayarkan memiliki fungsi penting bagi Anda. Karena nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan modal atau budget untuk membeli sahamnya.

Ketika Anda hanya memiliki modal Rp500.000 untuk membeli saham kemudian memaksa memilih yang setoran awalnya Rp1.000.000. Kemudian harus mencari Rp500.000 lagi untuk menutup kekurangan tersebut membuat Anda memiliki utang.

Padahal investasi untuk mendapatkan keuntungan dari dana yang dimiliki dan sebaiknya jangan dipaksakan. Kelola keuangan Anda secara bijak agar investasi yang dilakukan bisa memberikan hasil maksimal.

  1. Fasilitas Transaksi untuk Investor

Sekuritas memperhatikan setiap layanan yang diberikan dengan menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan investor. Sebagai investor pemula sebaiknya ketahui fasilitas apa yang disediakan sebagai tips investasi saham yang aman.

Misalnya disediakan fasilitas transaksi secara online dengan adanya aplikasi maupun layanan web. Pastikan Anda bisa mengaksesnya agar transaksi beli atau jual saham semakin mudah dan cepat.

Misalnya ada fasilitas transaksi offline bagi Anda yang kesulitan menggunakan transaksi secara online. Dengan fasilitas offline ini akan dibantu membelikan atau menjualkan saham-saham yang Anda inginkan.

Semakin lengkap fasilitas yang disediakan menandakan jika sekuritas tersebut memperhatikan kenyamanan nasabah. Maka dari itu, tips ini akan berguna bagi Anda yang masih pemula.

  1. Berbagai Layanan Training serta Edukasi

Selanjutnya tips investasi saham yang bisa dicoba adalah memilih sekuritas penyedia layanan training dan edukasi. Layanan ini sangat penting bagi pemula karena bisa mendapatkan ilmu pasti dan tidak harus membayar.

Dengan layanan ini para nasabah pemula akan diajarkan dasar-dasar seperti bagaimana cara membeli saham. Kemudian cara menjualnya dan kapan waktu terbaik agar bisa mendapatkan profit sesuai harapan.

Melalui edukasi membuat Anda bisa menjadi handal dalam waktu singkat dan mengetahui celah mencari keuntungan. Karena tidak semua sekuritas menyediakan layanan ini maka sebaiknya bijak dalam memilih.

Biasanya juga sekuritas menawarkan layanan konsultasi secara online yang bisa diikuti para investor baru. Jika Anda berhasil mendapatkan layanan ini maka dijamin semakin profesional sebagai investor saham.

  1. Rekomendasi Saham dan Analisisnya

Ketika ingin memilih sebuah sekuritas gunakan tips investasi saham agar bisa mendapatkan rekomendasi terbaik. Semua orang pasti akan senang jika mendapatkan rekomendasi saham terbaik untuk dibeli karena lebih hemat waktu dan dijamin berhasil.

Maka dalam memilih sekuritas sebaiknya perhatikan bagaimana tim analis bekerja sehingga berhasil memberi rekomendasi terbaik. Kemudian bandingkan antara prediksi yang dibuat dengan hasil di lapangan.

Semakin tinggi tingkat keberhasilan atas rekomendasi yang diberikan maka semakin besar pula peluang keuntungan. Rekomendasi ini sangat dibutuhkan terutama Anda yang belum memiliki pengalaman karena dijamin aman.

Sudah banyak investor berhasil mendapatkan keuntungan dengan cara instan yaitu mencari rekomendasi tertentu. Karena rekomendasi tersebut banyak terbukti benar sehingga sangat dibutuhkan para pemula.

  1. Bergabung dengan Beberapa Sekuritas

Tips investasi saham terakhir yaitu disarankan untuk membuka rekening di beberapa sekuritas sekaligus. Investor diberikan kebebasan memiliki rekening lebih dari satu sekuritas jadi manfaatkan kesempatan tersebut.

Tidak perlu menunggu mendapatkan keuntungan atau mengalami kerugian dulu baru pindah ke sekuritas lain. Anda bisa memanfaatkan waktu agar bisa memperoleh pengalaman dengan cepat dan mudah.

Cari sekuritas yang memiliki nama besar kemudian coba lakukan pendaftaran satu per satu. Dari masing-masing sekuritas tersebut Anda bisa mempelajari bagaimana pelayanan, transaksi, kekurangan hingga kelebihannya.

Namun ada satu hal penting diperhatikan yaitu berkaitan dengan beban dan biaya setiap bulannya. Selama memiliki banyak rekening di beberapa sekuritas tidak memberatkan maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

Karena semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan maka akan lebih mudah mencari celah dalam berinvestasi saham. Terus belajar tentang ilmu baru dalam dunia saham pasti membawa keuntungan tersendiri sebagai seorang investor.

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang menawarkan keuntungan baik berupa deviden maupun kenaikan harga sahamnya. Dengan menggunakan tips investasi saham terutama pemula membuat peluang mendapatkan profit lebih besar.