Yuk Cicipi Kuliner Cilacap Berikut Ini!

klikcilacap – Kabupaten Cilacap terletak di Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Banyumas dan juga Kebumen. Tak heran bila aksen logat orang Cilacap adalah ngapak, sebab kota tetangga mereka yakni banyumas memiliki logat ngapak yang sangat kental. Berbagai macam wisata dan juga kuliner Cilacap ada banyak sekali yang dapat dicoba satu persatu.

Aneka Kuliner Kabupaten Cilacap

  • Sup gurame

Ikan gurame biasa kita jumpai dengan cara pengolahan yang sekedar digoreng saja atau dengan metode lain yang intinya menjadikan ikan gurame menjadi kering. Di cilacap sendiri ikan gurame tersebut diolah menjadi sop yang sangat lezat sekali. Perpaduan rasa dari ikan gurame yang segar, manis, gurih akan sangat nikmat apalagi bila dinikmati ketika masih panas dengan nasi hangat. Siapapun akan tergoda dengan nikmatnya sajian ikan gurame tersebut.

Ikan gurame yang diolah menjadi sop di Cilacap tidak memiliki bau amis sama sekali. Olahan bumbu khas cilacap menjadi factor mengapa ikan tersebut tidak berbau amis. Ditambah dengan cara pengolahan yang benar, ikan akan terasa sedap sekali. Harga yang ditawarkan untuk seporsi sup ikan gurame adalah Rp. 8000 saja. Sangat terjangkau sekali bukan?

Advertisement
  • Martabak Alaska

Martabak di manapun memang selalu ada, namun martabak Alaska cilacap ini beda. Martabak Alaska menjual aneka macam martabak asin dan manis yang memiliki aneka macam taburan seperti telur, daging ayam dan sapi serta telur. Martabak manis memiliki aneka macam taburan atau topiing yang tidak kalah beragam seperti pisang, keju, coklat dan lain-lain. Anda dijamin akan ketagihan begitu mencicipi martabak yang satu ini.

  • Tempe mendoan

Tempe mendoan di berbagai daerah di Indonesia juga ada, namun tempe mendoan yang ada di cilacap jelas berbeda. Memiliki lebar yang besar dan jug sambal yang mantap. Tempe mendoan yang dijual di cilacap lebih tipis, digoreng dengan tepung beras dan juga tepung kanji. Mendoan jadi tidak mudah lembek seperti kebanyakan mendoan. Di dalam mendoan tersebut juga diirisi daun bawang yang semakin menggoyang lidah penikmatnya.

  • Martabak Tempe

Kuliner cilacap yang satu ini cukup unik. Sebab martabak namun bahan bakunya adalah tempe. Sebenarnya lebih ke kedelai yang merupakan bahan baku pembuatan tempe. Sensasi yang berbeda akan Anda dapatkan ketika mencicipi martabak yang satu ini, ada serat kasar yang akan Anda rasakan namun tidak mengurangi kenikmatan rasa di dalam martabak.

  • Sate ayam martawi

Sate ayam ini memiliki tampilan yang uni yakni dengan menggunakan dua tusuk sate, hal itu dikarenakan saking besarnya potongan ayam yang digunakan untuk bahan baku sate. Rasa yang terdapat dari sate ayam martawi ini adalah manis gurih, ditambah lagi dengan sambal kacang yang makin menambah kegurihan sate ini. Harga yang dipatok untuk 10 tusuk sate ini adalah sekitar Rp. 25.000 saja.

  • Teplheng

Bukan tempeleng, tapi tepleng. Di daerah lain teplheng dikenal dengan nama peyek. Ada dua jenis teplheng yakni teplheng udang dan teplheng kacang. Digoreng denga minyak panas dan dibentuk bundar seperti umumnya peyek. Makanan tersebut tersedia banyak sekali di berbagai macam warung pinggir jalan. Umum sebagai cemilan makan dan teman nongkrong di Cilacap sana. Harga dari kuliner cilacap tersebut pun sangat terjangkau. Masih ada saja jajanan dengan harga lima ratusan dan seribua, yakni teplheng.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*