Yuk Coba Makanan Khas Cilacap Berikut Ini

klikcilacap – Wisata kuliner siapa tidak suka? Apalagi bila baru pertama kali mengunjungi sebuah kota. Menjelajah Cilacap dengan segala keindahan panoramanya sangat mengasyikkan, namun tidak lengkap rasanya apabila tidak membawa buah tangan berupa makanan khas Cilacap tersebut. Orang tersayang di rumah pasti tidak hanya sekedar menantikan cerita liburan saja, namun juga oleh-oleh istimewa.

Makanan Khas Cilacap

  • Thempleng

Thempleng sendiri adalah makana ringan berupa tepung beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas daerah sana. Sebenarnya di daerah lain makanan tersebut bernama  rempeyek. Thempleng memiliki rasa makanan yang gurih dan renyah. Ada banyak sekali jenis rasa yang beragam yang dapat Anda cicipi. Ada rasa kedelai, kacang, rebon, teri, kacang hijau dan lain-lain. Dengan mudahnya thempleng ini dapat ditemukan di warung-warung di daerah Cilacap. Harganya pun sangat terjangkau dan tersedia dengan berbagai macam kemasan.

  • Lanting

Sebelum mengunjungi pantai yang ada di cilacap, ada baiknya Anda mencicipi yang namanya lanting. Lanting ini merupakan jajanan yang terbuat dari singkong, bentuknya bulat-bulat dan tengahnya berlubang. Makanan yang pas rasanya untuk menemani perjalanan santai menuju pantai.

  • Mendoan

Mendoan di banyak daerah memang ada, namun mendoan yang ada di cilacap ini berbeda. Mendoan cilacap memiliki rasa yang empuk dan mak nyus, adonan yang dipakai berbeda, ditambah lagi dengan irisan berbagai macam sayuran semacam daun bawang dan lainnya. Mendoan tersebut kemudian digoreng setengah matang. Disajikan hangat-hangat dengan sambal atau cabe, nikmat sekali dimakan hujan-hujan.

  • Gembus

Gembus mungkin kurang familiar dan terdengar asing di telinga. Gembus ini dapat dikatakan sebagai donat ala jawa, bahan utama pembuatannya adalah singkong yang dibentuk bulat kemudian digoreng, tidak lupa agar bentuknya dibuat bolong pada bagian tengah agar semakin mirip dengan donat. Jajanan ini banyak dijumpai di pinggiran kota Cilacap, apalagi pada sore hari, banyak sekali yang menjajakannya.

  • Tempe dages

Bahan utama pembuatan dages adalah ampas tahu, warnanya abu-abu dan bentuknya kotak padat. Makanan ini juga dimasak dengan cara digoreng, namun soal rasa, tempe dages ini konon lebih nikmat dari tempe mendoan.

  • Keripik tempe

Keripik tempe merupakan makanan khas cilacap yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Anda dengan mudah akan dapat menemukannya dengan harga yang murah pula. Rasanya gurih dan kriuk, cocok sekali untuk menemani perjalanan Anda menuju ke kota asal. Keripik tempe ini memiliki ketahanan yang lama, bisa sampai berminggu-minggu asal tidak melempem. Penyimpanan harus diusahakan di tempat yang tertutup.

  • Salai pisang

Salai pisang ini bukan keripik pisang, hampir mirip keripik pisang memang. Namun lebih basah dan tidak kering, memiliki tekstur yang agak alot tanpa kehilangan rasa pisang itu sendiri. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasa salai pisang ini.

  • Rempeyek yutuk

Rempeyek yutuk ini adalah peyek yang terbuat dari hewan laut seperti udang atau kepiting hitam kecil-kecil. Dapat dibayangkan bagaimana rasa dari rempeyek tersebut, gurih dan renyah. Makanan ini bisa tahan sangat lama apabila disimpan di wadah yang tertutup.

Apabila membeli makanan khas Cilacap tersebut dari warga atau nelayan lokal, sudah pasti memiliki harga yang lebih murah ketimbang membeli di pusat perbelanjaan oleh-oleh. Jangan sampai menyesal sebab tidak membawa buah tangan apa-apa untuk keluarga di rumah. Jadi Anda ingin memilih makanan yang mana?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*